LISUNG (Lingkung Seni Gunung Bitung) adalah komunitas lingkung seni sunda yang berkomoditi di Dusun Rinduwangi, Desa Mekarwangi, Kecamatan Sukamantri - Ciamis.

LISUNG pertama kali didirikan pada 28 Oktober 2016 oleh seorang seniman muda yang masih berstatus mahasiswa di sebuah universitas ternama di Jawa Barat (Bandung). Sebut saja Windy Kurnia Pratama, yang mana dikalangan seniman/sastrawan di Kota Bandung akrab dipanggil "Kang Dyka Pratama atau Kang Dyka". 

Berawal atas kesadarannya akan kekayaan seni dan budaya yang ada di kampung halamannya (Rinduwangi), maka ia beserta anak-anak muda setempat bertekad untuk melestarikan (ngamumule) kesenian serta permainan tempo dulu yang sudah banyak terlupakan bahkan hampir punah dikalangan masyarakat sekitar.

Konon dulu di Rinduwangi cukup terkenal akan kebudayaan dan keseniannya, diantaranya berupa degung, silat, dogdog, ronggeng, dan masih banyak lagi lainnya. Lewat cerita turun-temurun dari orang tua terdahulu lah yang membuat komunitas ini tergerak untuk melestarikan dan menunjukan kembali eksistensi Rinduwangi di muka umum sehingga terbentuklah sebuah komunitas yang disebut LISUNG (Lingkung Seni Gunung Bitung).
 
Top